Friday, October 1, 2021

Berapa Kali Harus Mengganti Pembalut Dalam Sehari?


Terkadang rasa malas akibat hormon saat menstruasi muncul karena tidak mengganti pembalut atau bahkan membuat malas unttuk mengganti pembalut. Pembalut apapun yang digunakan termasuk Charm, Anda tetap harus menggantinya ya. 

Menstruasi atau haid memang sudah menjadi hal yang rutin setiap bulannya bagi para wanita. Hormon saat menstruasi juga berubah dan menyebabkan perubahan suasana hati, seperti sakit perut, nafsu makan meningkat, emosi meningkat, bahkan rasa malas.

Rajin Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Perubahan hormon saat menstruasi adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap wanita. Dua hormon yang terdapat pada wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron yang menjadi alasan utama mengapa mood Anda sering berubah saat sedang haid.

Rasa malas yang muncul memang merupakan hal yang wajar, namun sangat penting untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan saat menstruasi, terutama kebersihan saat mengganti pembalut. Perlu diperhatikan bahwa pembalut yang tidak diganti bisa menimbulkan bau dan infeksi bakteri dari darah menstruasi. 

Bukan hanya itu saja, jika ada aliran darah yang berlebihan dan pembalut sudah tidak lagi dapat menerimanya, kebocoran tentu saja akan terjadi. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi kan apalagi di acara-acara penting. Pembalut Charm memang dapat menampung dengan baik namun tentu sangat disarankan untuk tetap mengganti pembalut.

Ganti Pembalut Berapa Kali Sehari?

Setiap orang pasti memiliki aliran darah yang berbeda setiap kali mengalami menstruasi. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui seberapa cepat aliran darah Anda. Umumnya darah yang dikeluarkan saat menstruasi sekitar 80 cc per hari dan biasanya hanya 1.520 cc darah yang bisa ditampung dalam pembalut bekas. 

Karena alasan ini, waktu yang disarankan untuk mengganti pembalut adalah setiap 3-4 jam penggunaan. Artinya, dalam satu hari harus diganti hingga 4-6 kali sehari. Namun, jika darah haid Anda sangat banyak, disarankan untuk menggantinya setiap 3 jam sekali.

Hindari kebiasaan jarang menggantinya saat menstruasi karena berbahaya bagi kesehatan reproduksi. Jaga kesehatan reproduksi dan kebersihaan dengan menggunakan pembalut Charm sesuai varian yang Anda inginkan. 

0 comments:

Post a Comment