Monday, August 23, 2021

Cara Membuat Harga Jual Sabun Cuci Piring Agar Penjualan Meningkat


Sabun cuci piring ini sendiri dipasaran tertera dengan harga yang berbeda-beda tiap merk nya. Untuk harga nya sendiri di pasaran ada yang menjual 1000 untuk kemasan paling kecil. Nah, harga tersebut tentunya cocok untuk skala rumahan yang kecil. Untuk harganya sendiri juga berbeda ketika anda membeli ecer satuan dengan karton, oleh sebab itu tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan harganya. Harga sabun untuk mencuci piring sendiri sekarang dapat anda lihat di berbagai marketplace yang sudah sangat banyak secara online atau di lapak jual beli yang banyak beredar di masyarakat. 

Disini kita tidak akan membahas tentang harga dari masing-masing merk akan tetapi kita akan membahas tentang bagaimana membandingkan harga jual yang bersaing dengan merk produk lain sehingga produk yang akan anda jual nanti mampu memberikan harga yang lebih murah jika dibandingkan dan mempunyai kualitas yang bagus. Hal pertama tentunya anda tidak bisa membuat dalam skala besar terlebih dahulu akan tetapi anda bisa membuatnya sekaligus sesuai dengan angka penjualnnya.

Metode dalam menentukan harga jual sabun cuci piring

Dalam menentukan harga jual Sabun cuci piring sendiri setidaknya ada 7 cara yang dapat anda lakukan agar harga jual produk sabun pencucianda tidak terlalu tinggi tetapi juga tidak terlalu rendah. 

1. Cost plus pricing method

Metode pertama yang biasa dipakai ini yang berarti bahwa harga jual per produk dihitung dengan cara menjumlahkan keseluruhan biaya modal termasuk biaya operasional terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan lagi guna memperoleh keuntungan. 

Cost plus pricing method jika disederhanakn dalam sebuah rumus menjadi seperti ini :

Harga jual = Modal + persentase laba 

2. Mark up pricing methods

Berbeda dengan metode yang pertama, mark up pricing methods ini dikarenakan perhitungannya yang lebih sederhana karena penjual hanya perlu menambahkan modal dengan keuntungan yang ingin didapatkan. Berbeda dengan metode pertama yang menggunakan prosentase dari total modal, rumus dari mark up pricing methods ini adalah 

Harga jual = modal + mark up

3. Break even pricing

Metode yang satu ini lebih memperhatikan ongkos produksi disamping permintaan pasar dalam menentukan harga jualnya. Apabila penjualan masih dibawah standard break even artinya anda masih merugi begitu juga sebaliknya jika penjualan anda lebih tinggi dari break even maka disini dapat dikatakan anda berhasil memperoleh keuntungan. Dalam penggunaan metode ini tidak semua penjual dapat menggunakannya karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti semua modal usaha dikategorikan dalam konstanta dan juga variabel, semua produk dipartikan terjual dan modal variabel per satuan produk nilainya sama. 

4. Keystone pricing

Dalam menggunakan metode ini sebuah produk dijual dengan harga 2x lipat dari total modal yang digunakan untuk produksi. Meskipun seperti mustahil metode ini sudah dipraktikan oleh perusahaan – perusahaan retail sejak dahulu kala. Akan tetapi dalam menggunakan metode ini harus diimbangi dengan kualitas produk yang sesuai dimana semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan. 

5. Manufactures suggested reatil price

Metode ini dapat dikatakan sebagai metode paling mudah dimana kita menggunakan harga jual yang sudah ditentukan oleh pabrik. Biasanya metode ini digunakan dalam penjualan kendaraan bermotor, barang elektronik dan juga obat- obatan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga nada menggunakan metode ini dalam penjualan sabun cuci piring anda dengan mencontoh harga jual sabun pencuci priring keluaran suatu pabrik. 

6. Value based pricing

Metode penentuan harga jual dengan metode ini dikatakan cukup unik dimana harga jual produk ditentukan langsung oleh pelanggan bukan oleh penjual. Dimana besarnya harga jual disesuaikan dengan besarnya nilai barang tersebut bagi pembeli. Metode ini sendiri dikatakan cukup sulit diterapkan karena tidak adanya patokan khusus dalam penerapannya. 

7. Penerapan harga berdasarkan pasar

Metode yang terakhir ini digunakan untuki menentukan  harga produk dengan menggunakan modal sebagai bahan acuan. Di metode ini harga pasarlah yang akan menentukan besarnya modal yang perlu dikeuarkan dan menentuka besar kecilnya suatu keuntungan yang akan diperoleh. Dapat dikatakan ketika anda akan menjual produk pencuci piring maka anda harus mengupayakan harga jualnya setara dan apabila lebih tinggi ataupun lebih rendah maka selisihnya tidak banyak. Denga memperhitungkan harga jual inilah anda dituntut memperhitungkan modal yang perlu anda keluarkan. Tidak hanya itu anda juga harus memperhitungkan strategi yang tepat dalam menghasilkan keuntungan dari bisnis anda tersebut. 

Untuk memenangkan persaingan bisnis dalam bisnis Sabun cuci piring semacam ini langkah pertama yang harus anda lakukan adalah meningkatkan kualitas produk dan kemudian pilihkan metode yang paling masuk akal dan tetap menguntungkan anda sebagai penjual dan juga menguntungkan konsumen anda sebagai pembeli. Untuk bisa mendapatkan produk sabun terbaik cek saja di blibli.com.

0 comments:

Post a Comment