Wednesday, July 7, 2021

Penyebab Baby Blues yang Serung Mengganggu


Setelah melahirkan, banyak wanita yang mengalami baby blues. Bahkan, menurut penelitian, 80% dari wanita yang melahirkan mengalami gangguan ini. Meski gejala baby blues terlihat sepele, namun dampak yang ditimbulkan nantinya bisa mengganggu ibu dan bayi. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab baby blues tersebut.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan baby blues tersebut?

Secara singkat, baby blues merupakan gangguan yang muncul pada suasana hati setelah ibu melahirkan. Umumnya, dengan adanya gangguan ini, maka ibu akan cenderung lebih mudah untuk sedih, marah ataupun menangis tanpa adanya alasan yang jelas.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti hal yang menyebabkan baby blues. Hanya saja, ada beberapa hal yang bisa memicu kondisi ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan hormon

Salah satu hal yang dianggap menjadi biang terjadinya baby blues adalah perubahan hormon yang cukup signifikan. Memang, setelah melahirkan, di dalam tubuh wanita akan terjadi perubahan hormon seperti menurunnya hormon estrogen dan hormon progesteron.

Perubahan hormon ini nantinya akan menyebabkan perubahan kimia pada otak. Oleh karenanya, hal ini memicu perubahan suasana hati dengan cepat atau yang disebut dengan istilah mood swing.

2. Kurang tidur

Bayi memiliki siklus tidur yang belum beraturan dan hal ini sering membuat ibu harus begadang di tengah malam. Begadang memang secara langsung akan menyita banyak waktu tidur. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka ibu nantinya akan cenderung lebih mudah kelelahan dan tidak nyaman. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu terjadinya baby blues.

3. Kesusahan dalam beradaptasi

Memiliki bayi mengharuskan ibu melakukan beragam adaptasi dengan banyak hal baru. Memang, ada tanggung jawab baru yang harus dijalankan oleh seorang ibu dengan bayi yang masih kecil.

Seringkali, terlebih untuk anak pertama, ibu akan tampak kesusahan mengatur tanggung jawab tersebut. Kesusahan dalam beradaptasi ini nantinya juga bisa menjadi sebab kenapa baby blues muncul.

Beberapa hal di atas menjadi sebab umum kenapa baby blues bisa muncul. Dengan mengetahui beberapa penyebab baby blues tersebut, tentu nantinya Anda bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi gangguan.

0 comments:

Post a Comment