Sunday, July 4, 2021

Awal Mula Jaket Bomber Jadi Tren Fashion Dunia


Bomber jaket bukanlah hal baru di dunia fesyen. Dan di musim ini, bomber jaket memang kembali jadi tren. Namun ini bukan hanya semata-mata karena dipakai Presiden Indonesia, Jokowi.

Selain Jokowi effect, musim ini khususnya di negara-negara barat, bomber jaket memang tengah digemari untuk dipakai jelang musim dingin. Bomber jaket memang jadi tren fesyen global musim ini. Mengutip Fashionbeans, kepopuleran bomber jaket sendiri terjadi menyusul temperatur London yang mulai berubah.

Musim di London sendiri sekarang berubah dari musim gugur menuju musim dingin. Dengan suhu yang demikian, menggunakan overcoat wol atau jaket tebal untuk musim dingin masih terlalu dini. Tapi menggunakan jaket tipis ternyata sudah terlalu dingin. Bomber jaket yang biasanya memiliki lapisan agak tebal berbahan parasut di luarnya dan selapis inner membuatnya jadi jaket pas dikenakan.

Selain lapisannya yang tak terlalu tebal dan tak terlalu tipis, bomber jaket juga memiliki cutting yang fashionable. Tak heran kalau jaket ini cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis fashion item lainnya.

Vetements yang digawangi oleh Demna dan Guram Gvasalia bersaudara menghadirkan koleksi jaket yang aslinya didiesain untuk pilot pesawat tempur ini. Namun Gvasalia bersaudara ini menghadirkan koleksi jaket yang oversize. Burberry, label yang terkenal untuk koleksi outerwear juga mengeluarkan koleksi jaket dengan model jaket yang setipe namun dengan celana flare.

Rick Owens pun demikian. Desainer yang sempat dikenal dengan desain yang kontroversial dan juga desainer jaket kulitnya, di musim ini menggemparkan runway dengan jaket MA1 oversize.

Euforia bomber jaket ini terus berlanjut sampai ke musim spring/summer 2017. Banyak orang yang masih menggunakan bomber jaket ini dengan berbagai paduan lainnya.

Awal mula

Salah satu desainer yang dianggap paling berpengaruh soal bomber jaket adalah Kim Jones. Dia adalah orang yang bertanggung jawab di tim busana pria dalam lini busana mewah Louis Vuitton. Dalam shownya di Spring/summer 2012, dia banyak menghighlight aneka bomber jaket.

Jaket varsity dengan logo LV di dada dan jahitan pinggang emas serta cuff yang dibuat seperti layaknya lini busana mewah generasi baru.

Sejak saat itu, Jones melanjutkan untuk berinovasi dengan bomber jaket, termasuk dengan membuat versi jaket oranye dari sutra. Lini busana mewah lainnya, termasuk Burberry dan Valentino mulai mengembangkan jaket bomber sekitar tahun 2012/2013.

Populer di film

Setelah populer di panggung busana, bomber jaket mulai banyak muncul di film. Seperti banyaknya berbagai barang fashion pria lainnya, gaya bomber jaket kala itu mengguncang banyak pencinta fesyen.

Ewan McGregor Renton menggunakan bomber berwarna khaki yang dipadukan dengan skinny jeans dalam scene awal film Trainspotting. Daniel Craig sang James Bond menggunakan satu jaket bomber dalam film Casino Royale. Sedangkan Ryan Gosling menggunakan jaket bomber berwarna perak mengilap dan berlogo kalajengking di bagian belakangnya dalam film Drive.

0 comments:

Post a Comment