Tuesday, March 16, 2021

Mengenal Jenis Website Toko Online yang Populer Digunakan


Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penjualan melalui website toko online banyak ditempuh oleh para pelaku usaha. Meski begitu, masih saja banyak orang yang membangun bisnis online ini tidak dengan pondasi yang benar. Meski terkesan sepele, namun jenis website akan sangat berpengaruh di sini, Maka dari itu, kenali beberapa jenisnya berikut sebelum menggunakan jasa pembuatan website.

Jenis Website E-Commerce

1. Toko Online Media Sosial

Sesuai dengan namanya, toko online media sosial merupakan online shop yang dibuat pada situs situs media sosial, dimana yang paling banyak digunakan yaitu platform seperti Facebook dan Instagram. Mungkin jenis satu ini dinilai begitu efektif, sebab saat ini setiap orang mempunyai lebih dari satu media sosial dan mengaksesnya hampir setiap hari.

Meski begitu, bentuk toko online ini mengharuskan anda untuk mengetikkan deskripsi produk, harga, kategori, dan detail lainnya terkait produk secara manual. Bahkan transaksi jual beli juga harus dilakukan manual, di luar dari sosial media tersebut. Jadi toko online media sosial ini tidak untuk jual beli, melainkan hanya sebagai tempat untuk promosi dan pemasaran.

2. Marketplace C2C

Jenis website toko online berikutnya yaitu marketplace C2C, dimana semua orang di sini bisa menjadi penjual contohnya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Jadi di sini pemilik akun bisa membeli maupun menjual produk. Jika ingin menjual, maka cukup memasukkan barang beserta informasi lengkap.

Kemudian untuk transaksinya, dilakukan melalui rekening bersama milik dari pengelola situs yang nantinya akan diserahkan ke penjual apabila pembeli telah mengkonfirmasi penerimaan barang. Beberapa marketplace C2C biasanya menjual segala macam jenis produk, meski beberapa ada yang sengaja menjual produk spesifik tertentu.

3. Toko Online B2C

Toko online B2C atau business to customer, merupakan sebuah toko merchant yang dibuat serta dikelola sendiri oleh pemilik toko terkait. Keberadaan dari jenis toko online satu ini bisa menambah kepercayaan konsumen, karena bisnis anda terlihat lebih meyakinkan dan profesional. Jika anda memiliki produk dalam jumlah dan varian yang banyak, maka jenis ini perlu dipertimbangkan.

4. Classified

Classified atau iklan baris merupakan toko online berupa situs, yang memungkinkan penjual untuk menjual barangnya seperti memasang iklan pada sebuah koran, contohnya seperti OLX Indonesia. Promosi dan pemasaran produk akan dibantu oleh pengelola situs, namun proses transaksinya hanya melibatkan pembeli dan penjual dan metode ditentukan sesuai keinginan.

Jadi apabila terdapat calon pembeli yang tertarik dengan produk di website toko online tersebut, maka konsumen ini harus menghubungi penjual dan melakukan transaksi dengan penjual tanpa melibatkan pengelola situs. Selain itu, kebanyakan dari situs classified tidak didedikasikan pada jenis produk tertentu. Yang berarti semua orang bebas dalam menjual segala jenis produk.

Toko online memang menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di zaman modern seperti sekarang ini. Meski begitu, pemilihan jenis online shop yang tepat penting untuk dipikirkan agar anda bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan. Beberapa jenis di atas bisa anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan bisnis yang anda miliki.

Baca Juga : Jenis-Jenis Website yang Biasa Dikerjakan Web Designer

0 comments:

Post a Comment