Sunday, March 21, 2021

Kenali Gejala Maag yang Perlu Diketahui Berikut Ini Agar Tidak Terlanjur


Pepatah orang bijak mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini tidak hanya berlaku untuk menjaga kesehatan tetapi juga hal penting lainnya dalam hidup. Dimana akan lebih baik untuk mengenali berbagai gejala yang terjadi agar bisa menghindari agar sesuatu tidak bertambah menjadi parah.

Hal tersebut juga bisa diterapkan untuk mencegah penyakit maag yang dapat berbahaya dan sering kumat. Maag sendiri merupakan kondisi gangguan pencernaan yang dialami dan ditandai dengan beberapa gejala yang dirasakan.

Penyebab dari maag adalah karena mempunyai kebiasaan makan tidak teratur, mengkonsumsi obat tertentu, dan juga karena penyakit pada sistem pencernaan. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus akan membuat beberapa gejala penyakit maag yang dapat dialami. Adapun untuk beberapa gejala yang perlu dikenali sehingga bisa melakukan pencegahan penyakit maag agar tidak bertambah parah adalah:

1. Sakit perut

Gejala pertama yang mudah dikenali adalah ketika mengalami sakit perut. Akan tetapi sakit perut sendiri merupakan kondisi yang wajar dialami oleh banyak orang. Sehingga biasanya banyak orang yang mengabaikan apabila mengalami sakit perut.

Apabila mengalami sakit perut sendiri bisa disebabkan oleh penyakit seperti peradangan lambung atau gastritis, sindrom iritasi usus, infeksi pada perut, hingga tukak lambung. Kondisi ini juga merupakan salah satu gejala maag yang perlu diwaspadai, terutama pada kondisi yang membuat perut sakit dan sulit untuk beraktivitas.

2. Heartburn

Gejala selanjutnya yang bisa diketahui adalah ketika mengalami rasa seperti terbakar yang terjadi pada sekitar ulu hati. Hal ini disebabkan oleh jumlah asam lambung yang tinggi dan lebih dikenal dengan heartburn.

Ketika mengalami gejala ini akan mengalami rasa panas yang terjadi di sekitar ulu hati, dada, hingga daerah kerongkongan. Hal tersebut dapat terjadi karena asam lambung yang naik ke atas, sehingga membuat rasa yang tidak nyaman. Bagi yang mempunyai GERD atau asam lambung akan mengalami gejala ini dengan tingkat keparahan yang berbeda dan bisa lebih parah pada malam hari.

3. Perut kembung dan banyak sendawa

Ciri gejala maag yang berikutnya sekaligus yang paling mudah dikenali adalah ketika sering mengalami perut kembung. Penderita maag juga sering mengalami perut kembung atau begah yang merupakan gangguan pencernaan. Kondisi ini bisa terjadi karena penumpukan gas yang bisa membuat kenaikan cairan asam berlebih yang ada di lambung. Gejala ini biasanya dirasakan pada orang yang menderita tukak lambung dan juga gangguan pencernaan lainnya. Selain itu gejala lain yang bisa dikenali adalah ketika sering sendawa. Bersendawa merupakan cara alami untuk mengeluarkan udara serta gas yang menumpuk di daerah lambung.

4. Mulut terasa pahit

Gejala selanjutnya yang dapat dirasakan oleh penderita maag adalah mulut yang terasa pahit. Mulut akan mengalami rasa pahit dan asam yang bisa terjadi karena asam dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi naik ke kerongkongan.

Hal tersebut akan membuat rasa aneh di dalam mulut terutama pada bagian belakang lidah. Gejala yang satu ini dirasakan bagi yang mengalami refluks asam lambung atau GERD.

5. Mual dan muntah

Gejala maag terakhir yang perlu diketahui adalah ketika merasa mual dan muntah. Gejala ini bisa disebabkan karena kebiasaan makan yang berlebihan dan terlalu cepat.

Selain itu juga akan bertambah parah apabila mempunyai asam lambung yang bisa naik ke kerongkongan. Sehingga hal tersebut akan membuat keinginan muntah dan terus merasa mual bahkan juga nyeri di bagian dada.

Referensi: artikel dari Promag

0 comments:

Post a Comment