Monday, September 21, 2020

5 Tips Mengembangkan Bisnis Ekspor Impor


Bisnis ekspor impor tidak hanya bisa dilakukan pengusaha kelas atas saja, Anda bisa mulai dengan langkah kecil lebih dulu. Jika Anda sudah sukses melakukan bisnis secara nasional, tidak ada salahnya untuk memulai peluang besar ini. Toh, perkembangan digital membuat siapa saja bisa melakukan transaksi pembelian dan pengiriman barang via online. Pastikan Anda menggunakan jasa ekspor yang profesional untuk mendapatkan hasil lebih terpercaya. 

Mengembangkan bisnis ekspor ke luar negeri 

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis ekspor barang ke luar negeri termasuk syarat dan aturan tertentu. Selain memenuhi semua dokumen yang dibutuhkan, sebaiknya Anda tahu 5 kiat mengembangkan bisnis ekspor ke luar negeri berikut :

1. Memiliki pengetahuan terkait jam global 

Meskipun Anda bisa mengelola website yang bisa menjadi ladang penghasilan selama 24 jam penuh, sebaiknya ketahui tentang jam global. Anda wajib memiliki fitur chat yang terhubung dengan website sesuai pelanggan di negara tujuan. Misalnya orang-orang yang tinggal di China umum menggunakan WeChat, Line di Korsel atau WhatsApp di negara Asia Tenggara dan Eropa. 

2. Memahami budaya negara lain

Culture shock mungkin hal yang lumrah, tetapi Anda harus paham dengan budaya di negara lain. Saat Anda berencana menjalin bisnis dengan orang Jepang, ketahui bagaimana cara bertemu dengan baik. Misalnya orang Jepang akan membungkukkan badan sedikit sebagai tanda hormat atau perkenalan diri alih-alih bersalaman. 

Memahami budaya sebelum melakukan pertemuan untuk kerjasama bisnis ekspor impor harus Anda ketahui dengan baik. Hal serupa berlaku untuk kerja sama dengan orang-orang dari negara lain yang mungkin punya sikap atau budaya berbeda. 

3. Jangan menggunakan uang dollar saja

Sebaiknya Anda menjalin bisnis ekspor impor dengan pengelolaan mata uang asing yang baik. Membatasi bisnis ekspor dengan dollar saja bisa menghilangkan peluang kerja sama dengan orang yang menggunakan transaksi mata uang lain. 

4. Meningkatkan sistem operasional bisnis 

Supaya bisnis ekspor yang Anda rintis bisa terus berkembang, Anda harus meningkatkan sistem operasional bisnis sebaik mungkin. Gunakan sistem software canggih yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Sebaiknya Anda selalu cek stok untuk menghindari barang yang dipesan habis atau stok lama menumpuk di gudang. 

Selain strategi pemasaran yang apik, Anda harus menggunakan jasa kirim luar negeri yang kredibel. Jasa kirim yang menjamin kecepatan pengiriman sangat menguntungkan bisnis Anda. 

5. Perhatikan arus kas masuk dan keluar 

Cash flow merupakan hal vital yang tidak boleh Anda remehkan dalam membangun bisnis. Sejak mulai merintis bisnis kecil-kecilan, cash flow merupakan indikasi sehat atau tidak bisnis yang tengah Anda kembangkan. Jika arus kas negatif, sebaiknya Anda segera melakukan evaluasi guna bisa mempertahankan bisnis yang sudah dirintis sejak awal. 

Bisnis ekspor impor bukan hal yang mudah, namun menawarkan peluang keberhasilan yang cukup besar. Pastikan Anda memilih jasa kirim ekspor yang berpengalaman untuk menjamin kepuasan relasi di negara lain. Kepuasan rekan bisnis bisa berdampak pada perkembangan bisnis yang semakin pesat.

0 comments:

Post a Comment