Tuesday, June 16, 2020

7 Cara Mengatasi Munculnya Masalah Punggung pada Saat Kehamilan


Pada saat kehamilan, sejumlah perubahan pada tubuh sangat rentan kamu alami. Salah satu masalah yang kerap muncul pada saat kehamilan adalah sakit punggung.

Perubahan fisik yang dialami oleh seorang wanita akibat kehamilan bisa jadi penyebab hal ini. Bertambahnya berat badan, perubahan titik garivitasi, serta kondisi hormon bisa menjadi penyebab hal ini.

Perubahan hormon ini bisa menyebabkan perubahan pada pinggul. Hal ini menyebabkan ligamen di persendian pinggul menjadi lebih rileks.

Untuk mengatasi munculnya masalah ini, sejumlah hal bisa kamu lakukan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut sejumlah cara untuk mengatasi munculnya masalah punggung pada ibu hamil.

Terapkan Postur Tubuh yang Tepat

Pertumbuhan bayi di dalam perut menyebabkan pusat gravitasimu maju lebih depan. Untuk menghindari kemungkina terjatuh ke depan, kamu biasanya berdiri lebih tegak dan mundur. Padahal, hal ini bisa menyebkan punggungmu mudah sakit. Postur tubuh tepat yang bisa kamu terapkan adalah:

- Berdiri tegak
- Busungkan dada
- Mundurkan pundak dan lemaskan
- Jangan merapatkan lutut
- Berdiri dalam kuda-kuda lebar
- Ketika duduk, pilih kursi yang menyangga punggung atau tempatkan bantal pada punggung bagian bawah.

Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Menggunakan pakaian yang tepat seperti sandal atau sepatu dengan hak rendah bisa kamu lakukan. Hindari hak tinggi karena sulit diseimbangkan.

Pastikan Mengangkat Beban dengan Tepat

Ketika mengangkat benda, pastikan untuk jongkok dan mengangkatnya menggunakan kaki. Pastikan jangan menekuk pinggang atau mengangkatnya dengan menggunakan punggung. Selain itu, pastikan juga jangan mengangkat benda yang terlalu berat.

Tidur Miring

Tidur dalam posisi miring dan bukannya telentang. Selain itu pastikan salah satu kaki atau keduanya ditekuk. Kamu juga bisa menggunakan bantal untul mengganjal di antara kaki, di bawah perut, serta pinggang.

Pijat atau Gunakan Kantong Pendingin dan Penghangat

Pijat merupakan cara paling nyaman yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengurangi masalah punggung. Kamu juga bisa menggunakan heating pad atau ice pack untuk meredakan masalah ini.

Tetap Aktif secara Fisik pada Kehidupan Sehari-hari

Aktivitas fisik yang rutin bisa membuat punggung tetap kuat dan meredakan sakit punggung selama kehamilan. akukan aktivitas ringan seperti berjalan atau peregangan ringan untuk menghilangkan dan mencegah sakit di punggung.

Lakukan Terapi

Melakukan terapi tambahan juga bisa jadi cara untuk meredakan sakit yang menganggu di punggung ini. Hanya saja sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan terapi. Selain itu, pastikan terapis juga mengetahui bahwa kamu tengah hamil.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu meredakan rasa sakit dan pegal yang mengganggu pada saat kehamilan. Pastikan juga untuk mengungkapkan ke dokter kandungan mengenai rasa sakit yang kamu alami ini. 

0 comments:

Post a Comment