Monday, April 13, 2020

Macam-Macam Gangguan Listrik


Baik itu untuk rumah tangga atau industri besar, semuanya membutuhkan listrik agar bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Namun, sering kali terjadi masalah listrik dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentu akan menghambat aktivitas, terutama bagi industri besar. Jika tidak menyiapkan solusi untuk masalah listrik, maka industri tersebut bisa mengalami kerugian yang sangat besar.

Untuk mencegah berbagai masalah yang ditimbulkan dari gangguan listrik, pihak pabrik perlu mencari konsultan pembangkit listrik yang terpercaya dan berkualitas. Hal tersebut dilakukan sebagi upaya pencegahan jika terjadi masalah listrik ketika kegiatan operasional industri sedang berlangsung.

Macam-Macam Gangguan Listrik

Pada kenyataannya, sering kali gangguan listrik hadir dan menghambat berbagai kegiatan. Beberapa gangguan listrik yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Gangguan sumber listrik

Gangguan sumber listrik atau yang dikenal sebagai power failure merupakan sebuah kondisi sumber utama listrik yang mati. Contohnya, pemadaman bergilir, arus pendek, atau kelebihan beban listrik. Gangguan tersebut sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada gangguan ini, ada kemungkinan bahwa alat elektronik yang menyala bisa rusak akibat kehilangan arus listrik tiba-tiba.

2. Drop Voltage

Drop voltage atau disebut sebagai power SAG merupakan sebuah gangguan listrik yang terjadi ketika tegangan listrik turun secara mendadak. Misalnya, tekanan listrik 220 volt turun sampai lebih dari 10 persen. Akibat gangguan ini, alat elektronik yang sedang berjalan bisa mengalami kerusakan.

3. Power surge

Berbeda dengan drop voltage, power surge terjadi ketika voltase listrik naik lebih dari 100% tegangan pada umumnya secara tiba-tiba. Penyebab masalah ini bisa dikarenakan petir atau alasan lainnya yang mengakibatkan volatase listrik naik.

4. Under voltage

Under voltage merupakan suatu gangguan yang tekjadi ketika voltase berkurang dalam beberapa waktu, cukup cepat dibandingkan drop voltage. Under voltage juga bisa mengakibatkan beberapa peralatan elektronik menjadi rusak.

Bagi Anda yang khawatir dengan gangguan listrik tersebut, Anda bisa menghubungi Sewatama. Perusahaan ini memiliki pengalaman yang sangat lama dalam bidang kelistrikan. Oleh karena itu, Anda bisa mempercayakan kebutuhan listrik Anda pada Kami. Kami akan memberikan yang terbaik bagi kebutuhan listrik Anda.

0 comments:

Post a Comment