Thursday, March 26, 2020

Social Distancing, Cara Mencegah Virus Corona Paling Efektif


COVID-19 telah menjadi perhatian masyarakat dunia sejak akhir tahun 2019 lalu. Pandemik global yang diakibatkan penularan virus yang begitu cepat membuat angka kematian makin tinggi. Tak hanya di negara sumber awal virus saja, COVID-19 telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Untuk mengurangi penularan virus dari manusia ke manusia lain, pemerintah menerapkan cara mencegah virus corona dengan social distancing. 

Apa itu social distancing? 

Social distancing merupakan praktik kesehatan yang diterapkan masyarakat untuk mencegah penularan penyakit dari orang yang sakit dengan kontak dengan orang sehat. Cara yang diterapkan adalah menghindari kerumunan, menghindari pertemuan massal, kegiatan banyak orang, dan menjaga jarak sesama manusia.

Dengan melakukan social distancing, penularan virus corona dari penularan droplet atau partikel air liur saat orang yang positif batuk dan bersin. Selain itu, penularan virus melalui sentuhan dan menempel pada permukaan benda menjadi pokok perhatian. Social distancing diharapkan bisa menekan penularan virus dari sentuhan permukaan benda di area-area publik. 

Cara mencegah virus corona lewat penerapan social distancing 

Dalam menerapkan upaya pencegahan virus corona, ketahui beberapa tips melakukan social distancing berikut:

1. Bekerja dan belajar dari rumah 

Pemerintah sudah menerapkan anjuran untuk bekerja dari rumah saja. Kebijakan bekerja dan belajar dari rumah telah ditetapkan selama 14 hari untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Segala sesuatu yang bisa ditunda, sebaiknya tidak dilakukan atau dikerjakan secara online. 

2. Pencegahan virus corona di kantor atau tempat bekerja 

Dewasa ini, pekerjaan bisa dilakukan secara remote tanpa harus pergi ke kantor. Namun, tidak semua hal bisa dilakukan di rumah, misalnya pekerja yang wajib datang ke kantor atau instansi pemerintah. Ada baiknya menerapkan cara mencegah virus corona dengan membatasi jarak dengan pekerja lain. 

Sebaiknya gunakan masker dan selalu sediakan hand sanitizer. Pembersihan area kantor atau tempat bekerja menggunakan cairan desinfektan bisa mencegah risiko penularan virus corona. Selain itu, pekerja juga wajib mengurangi durasi rapat, membatasi kehadiran dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan sesama karyawan. 

3. Cara mencegah penularan di tempat umum 

Jelas penerapan social distancing memang tidak bisa berjalan lancar sepenuhnya. Anda tetap butuh keluar rumah untuk hal-hal yang vital seperti belanja kebutuhan pokok, membeli obat di apotek, dan lain-lain. Lakukan langkah pencegahan yang optimal seperti memakai masker, mengurangi makan dan minum di resto atau warung makan, selalu bersihkan tangan setelah memegang permukaan benda yang banyak digunakan orang lain di tempat umum seperti lift, pegangan tangga, KRL, dan lain-lain. 

Bagi Anda yang bingung untuk mengurangi frekuensi belanja di swalayan atau mall, bisa memilih belanja online yang jauh lebih aman. Anda bisa mempertimbangkan belanja online di Shopee yang memberikan gratis ongkir hingga 50 ribu rupiah dan ekstra 100 voucher untuk semua pelanggan.

Diskon besar-besaran untuk berbagai produk vital ditengah pandemik virus corona bisa menjadi pilihan Anda mulai hand sanitizer, sabun cuci tangan, obat dan multivitamin, produk kebersihan dan kesehatan, bahan makanan, dan lain-lain. Anda tidak perlu panik dengan menaati aturan untuk di rumah saja. Tinggal klik dari ponsel atau laptop, semua produk yang Anda butuhkan akan dikirim ke rumah. Jauh lebih aman dan praktis, lho! 

Yuk, terapkan cara mencegah virus corona dengan membatasi akses di luar rumah! #BelanjaDariRumah akan meminimalisir risiko penularan virus corona kepada Anda dan orang-orang terdekat. Sayangi diri sendiri dan orang lain dengan menerapkan aturan social distancing sekarang juga, ya!

0 comments:

Post a Comment