Friday, March 6, 2020

Cara Mencegah dan Menghindari dari Bahaya Tungau dengan Mudah


Tungau hampir sama ukurannya dengan kutu. Hewan yang tidak mudah terlihat oleh mata telanjang ini bisa Anda jumpai dan bersarang di kasur, sofa, gorden dan di karpet. Apabila Anda jijik untuk membuatnya pergi, Anda bisa memanggil jasa pembersih tungau. Tapi sebelum hewan itu datang, ada baiknya Anda mencegah dengan hal-hal berikut ini.

1. Bersihkan Kotoran yang Menempel

Hewan yang memiliki ukuran hanya 0,5 mm ini, biasanya mendapatkan makanan berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik lainnya yang bersarang di kasur, sofa, gorden, karpet, bantal, guling atau lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya kotoran yang menempel pada barang-barang tersebut. Jadi, Anda harus membersihkan kotoran pada barang-barang tadi setelah Anda gunakan untuk mencegah kawanan hewan ini datang.

Entah itu harus disedot dengan penyedot debu, disapu biasa atau sampai dipel untuk benar-benar memastikan tidak ada kotoran. Anda juga bisa membawa tempat-tempat yang digunakan untuk bersarang tadi, ke tempat cuci laundry. Tapi Anda harus memastikan untuk memisahkan barang-barang Anda dengan barang-barang orang lain. Serta memisahkan barang-barang Anda antara satu sama lain.

2. Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Apabila Anda telah membersihkan tempat-tempat yang diduga sebagai tempat sarang tungau, Anda bisa langsung menjemur di bawah sinar matahari langsung. Jika Anda telah mencucinya, maka tunggu sampai benar-benar kering. Usahakan tiap bagian sisi dari benda-benda tersebut mendapatkan sinar matahari. Anda bisa membolak-balikkan benda-benda tersebut.

3. Bersihkan Semua Pakaian

Pakaian Anda juga harus ikut dibersihkan karena keberadaan tungau yang berada di dalam rumah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apabila Anda acuh dengan hal ini, bisa jadi tungau juga berada pada pakaian. Sehingga hal ini bisa menjadi penyebab bentol-bentol setelah bangun tidur, gatal-gatal, atau memicu sesak nafas dan gejala alergi lainnya. Caranya juga sama seperti membersihkan barang-barang sebelumnya.

4. Bersihkan Peralatan-Peralatan dengan Air Panas

Ini juga penting untuk Anda lakukan. Tungau bisa ada di dalam rumah Anda selain kurangnya Anda menjaga kebersihan, bisa juga ruangan Anda kurang pencahayaan dan sinar matahari. Sehingga menjadi lembab. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan peralatan-peralatan dengan air panas. Dan buka semua ruangan Anda agar terkena sinar matahari atau setidaknya tidak lembab.

5. Panggil Pembasmi Tungau

Apabila Anda khawatir akan datangnya hewan-hewan ini, Anda bisa memanggil pembasmi tungau sebagai antisipasi. Sejasa bisa mengatasi hal itu. Perusahaan penyedia jasa ini, bisa memberikan perlindungan kepada Anda. Baik itu pada kasur, bahkan sofa sekalipun yang sekiranya menjadi sarang hewan ini.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghindari bahaya tungau. Apabila rumah, kosan, atau apartemen Anda sudah parah dengan serangan tungau, Anda bisa memanggil jasa pembersih tungau. Karena hal ini bisa gawat apabila tidak segera dibasmi.

0 comments:

Post a Comment