Wednesday, March 4, 2020

7 Desain Apartemen Mungil Multi-Platform Untuk Hunian yang Lebih Praktis

Source: inmyroom.ru/andrey-i-alena-timoniny

Tinggal di apartemen dengan ruang terbatas memang menyusahkan, apalagi kalau jadwal kita serba padat. Karena selalu disibukan dengan rutinitas sehari-hari akhirnya tidak ada cukup waktu luang untuk merawat apartemen. Sebenarnya masalah ini bisa kita atasi dengan mudah jika unit apartemen ditata sedemikian rupa agar perawatannya lebih sederhana.

Nah, untuk membuat suasana agar lebih nyaman, Jendela360 akan membagikan 7 ide desain apartemen mungil multi-platform yang bisa kamu coba.

1. Desain Minimalis Multi-Platform Dua Tingkat

Source: ICOSA & Peter Suen

Desain apartemen mungil ini menawarkan solusi kontemporer untuk kaum milenial yang dinamis. Ruang terbatas menjadi lebih cozy dan berkarakter dengan sebuah platform dua tingkat yang berfungsi sebagai tempat tidur dan tempat kerja. Kamu tidak perlu menambahkan furnitur lainnya, karena konsep ini sudah mencakupi semua kebutuhanmu. Dengan begitu, perawatan pun menjadi lebih mudah.

2. Kombinasi Sliding Wall Dengan Kasur Lipat

Source: MKCA Project Team

Untuk menyediakan ruang yang lebih luas ketika bersantai, kamu bisa meniru desain unik ini. Sebuah dinding yang bisa digeser berfungsi sebagai media penyimpanan sekaligus pemisah antar sudut ruang. Setiap sisinya dapat dimanfaatkan sebagai ruang sofa dan tempat tidur dengan kasur lipat. Desain ini akan membuat keseharianmu menjadi lebih praktis dan mudah!

3. Sliding Wall Sebagai Pintu dan Tembok

Source: Nicholas Gurney

Ide desain selanjutnya masih menggunakan konsep sliding wall atau dinding geser. Desain ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengakali ruang sempit agar lebih nyaman dan indah. Dinding ini berfungsi sebagai pintu tempat tidur sekaligus tembok ruangan. Permukaannya bisa kita manfaatkan untuk menambah beberapa rak gantung sebagai tempat penyimpanan.

4. Sliding Wall + Meja Lipat

Source: Nicholas Gurney

Keberadaan dinding geser bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Selain untuk tempat penyimpanan, kita juga bisa menambahkan sebuah papan kayu lipat untuk membuat meja kerja. Desain ini cocok untuk memaksimalkan seluruh fungsi ruang. Bahkan sepetak kecil di depan pintu masuk pun bisa kita manfaatkan.

5. Multi-Platform Sederhana Untuk Desain Elegan

Source: Kyu Sung Woo

Jika ingin menggunakan konsep multi-platform untuk membuat tampilan elegan dengan ruang terbatas, kamu bisa meniru desain ini. Ruang tidur di atas dapur yang dihubungkan dengan sebuah staircase di pintu dekat masuk. Cukup tambahkan satu meja dengan beberapa kursi kecil agar tampilannya lebih lengkap. Desain yang saling terintegrasi seperti ini sangat cocok untuk mendukung gaya hidup dinamis.

6. Desain Multi-Platform Minimalis 3 Unit

Source: Szymon Hanzschar

Apa yang bisa kamu lakukan dengan ruang apartemen studio seluas 3x5 meter persegi? Kalau kamu tidak punya gambaran, lihatlah apa yang dilakukan seorang arsitek bernama Szymon Hanzschar ini. Ia berhasil menyulap unit apartemen yang awalnya hanya berisi tempat tidur menjadi sebuah hunian minimalis lengkap dengan dapur, kamar mandi, dan ruang bersantai. Kuncinya adalah furnitur multi-platform 3 unit untuk memuat 3 ruang sekaligus.

7. Multi-Platform 3 Unit Untuk Ruang Terbatas

Source: Catseye Bay Studio

Jika tidak memungkinkan untuk membuat platform dua tingkat, desain apartemen mungil yang satu ini bisa menjadi altertnatif terbaik untuk dicoba. Tempat tidur dan ruang tengah dipisahkan melalui pembatas yang sekaligus berfungsi sebagai lemari pakaian. Elemen kayu yang dikombinasikan dengan warna putih akan membuat suasana apartemen mungil menjadi lebih santai.

Bagaimana? Sudah menemukan desain apartemen mungil yang sesuai dengan seleramu? Ikuti terus perkembangan informasi terbaru di Jendela360 untuk mendapatkan tips menarik seputar kehidupan di apartemen!

0 comments:

Post a Comment