Monday, March 9, 2020

4 Tips Agar E-Procurement Berjalan dengan Lancar Tanpa Hambatan


Siapa yang sangka, eprocurement memiliki peranan penting dalam meningkatkan keuntungan banyak perusahaan dari sistem pengadaan barang dan jasanya. Hal ini mungkin lantaran sistem ini menyasar terciptanya keseimbangan antara kebutuhan dan penyediaan barang serta jasa. Namun mengikuti eprocurement juga tidak mudah. Yuk, simak tips agar eprocurement Indonesia Anda berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Agar Eprocurement Berjalan Lancar

Konsep utama dari hadirnya eprocurement adalah terciptanya pemenuhan kebutuhan yang tepat baik itu dari segi barang atau jasa. Dengan cara ini, banyak perusahaan yang memiliki persediaan cukup untuk memenangkan persaingan bisnis mereka. Untuk itulah dikatakan procurement memang menjadi salah satu kunci terbaik dalam meraup profitabilitas tinggi.

Namun tentunya untuk mencapai tahap tersebut, Anda juga tidak bisa sembarangan melangkah. Selain memilih jasa penyedia eprocurement Indonesia yang terbaik, Anda juga harus memiliki strategi yang bagus. Tentunya ada banyak cara untuk melangkah ke tahap tersebut, entah itu menekan anggaran, pemenuhan kebutuhan dalam satu waktu periode tertentu, hingga pemilihan barang berkualitas.

Nah, apapun itu cara Anda, mari kita simak sebentar beberapa tips umum yang bisa Anda lakukan agar eprocurement Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan, yakni :

1. Menghemat Biaya

Meski pada kenyataannya memang tidak mudah untuk mengontrol besarnya dana yang Anda keluarkan, tapi Anda masih bisa menekannya hingga titik paling maksimal. Caranya tentu dengan kerjasama yang bagus antara pihak internal perusahaan dan juga dengan pemaksimalan pemanfaatan teknologi dalam aktivitas perusahaan. Jika keduanya sudah berjalan baik, bukan tidak mungkin biaya bisa dihemat.

2. Meningkatkan Kualitas Staff

Departemen pengadaan yang merupakan bagian dari procurement tentu memiliki peranan yang sangat penting dari awal proses hingga akhir tahapannya. Untuk itu agar procurement Anda berhasil tanpa hambatan berarti, Anda bisa mulai dengan meningkatkan kinerja staf. Ada beberapa cara untuk meningkatkannya, mulai dari memperbaiki performa karyawan, memberi apresiasi atas kinerja, hingga pelatihan.

3. Analisis Pasar

Langkah selain menghemat biaya dan meningkatkan kinerja staf adalah dengan melakukan analisis pasar yang mendalam. Analisis ini bisa Anda lakukan untuk melihat keadaan pasar dan akan sangat berguna juga dalam pemilihan supplier. Pasalnya, harga pasar menjadi hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan agar eprocurement berhasil tanpa hambatan. Selain itu, tahu harga pasar juga mempengaruhi anggaran.

4. Sentralisasi Sistem Inventory Management

Hal ini sangat penting lho untuk Anda lakukan. Pasalnya, sentralisasi sistem inventory management akan sangat berguna lantaran pengadaan menjadi satu wadah sehingga pengelolaannya akan lebih mudah. Selain itu, sentralisasi ini juga dapat digunakan untuk meminimalisir masalah pengelolaan barang yang tidak perusahaan inginkan dan bisa menghambat kinerja.

Demikian ulasan kali ini tentang beberapa tips agar procurement Anda berjalan dengan lancar. Tetap percaya diri dan menjadi bagian terbaik dari eprocurement Indonesia. Semoga ulasannya bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment