Sunday, February 9, 2020

Mengenal 4 Bahan Pelapis Sofa yang Nyaman Digunakan


Sofa adalah salah satu furniture yang paling sering diletakkan di ruangan, terutama ruang tamu. Kualitas sofa tidak sekadar dilihat dari segi model maupun warna, melainkan bahan pelapis yang mempengaruhi kenyamanan saat digunakan. Demi menjaga faktor kenyamanan baik untuk keluarga atau pun tamu membuat ibu rumah tangga kerap memanggil jasa cuci sofa. Sofa yang bersih dapat mempercantik ruangan dan tentunya nyaman untuk diduduki.

Ada beragam variasi model, motif, bahan pelapis, hingga harga sofa yang beredar di pasaran. Dari semua itu, mempertimbangkan upholstery atau pelapis sofa menjadi hal yang tidak dapat disepelekan.

Tips Memilih Bahan Pelapis Sofa

Memilih bahan pelapis sofa (upholstery) secara tepat dapat mempengaruhi kenyamanan, daya tahan, dan proses pembersihan sofa. Berikut ini adalah ulasan enam bahan pelapis sofa yang paling sering digunakan.

1. Bahan Kulit

Kulit menjadi salah satu bahan yang banyak dipakai sebagai pelapis sofa karena memiliki tekstur khas dan memberikan kesan mewah. Bahan sofa ini biasanya didapat dari kulit sapi bagian dalam karena mempunyai daya tahan lebih bagus daripada yang lainnya. Jika Anda memilih sofa dengan bahan kulit, hindarkan dari terpapar sinar matahari langsung agar tidak mengelupas.

2. Bahan Chenille

Sofa dengan bahan pelapis chenille memiliki dudukan yang berisi busa terbaik sehingga populer akhir-akhir ini. Bahan ini memiliki tekstur yang mirip dengan beludru atau corduroy sehingga lembut namun bertekstur seperti suede. Bahan ini memiliki pinggiran yang ditenun, sehingga sofa yang dihasilkan pun terkesan unik.

Sayangnya, bahan chenille tidak memiliki ketahanan yang baik terhadap air sehingga sulit dibersihkan. Dengan demikian, Anda perlu menjaga agar sofa tidak tertempel noda. Perawatan sofa ini pun tidak bisa sembarangan, jika salah penanganan, bisa rusak. Namun jangan khawatir, Anda dapat memilih alternatif lain seperti memakai jasa cuci sofa supaya sofa ditangani oleh ahlinya.

3. Bahan Katun

Sofa dengan bahan pelapis katun paling banyak diminati karena harganya cukup terjangkau. Katun merupakan bahan yang terbuat dari jalinan benang dengan tingkat kerapatan tertentu yang menentukan daya tahannya pula. Sofa berbahan pelapis katun yang awet memiliki tingkat kerapatan bahan yang tinggi. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa bahan katun mampu menyerap air dengan sangat baik, maka hindarkan sofa Anda dari paparan air.

4. Bahan Linen

Linen adalah bahan yang sejenis dengan katun namun berdaya tahan lebih kuat. Untuk bahan sofa, biasanya linen hadir dengan tampilan yang polos. Hal tersebut disebabkan ketidakmampuan linen dalam menyerap tinta. Sama seperti bahan katun, pelapis linen sofa dapat dilepas untuk dicuci atau dibersihkan.

Itulah empat bahan pelapis sofa yang dapat Anda pilih mengisi ruangan di rumah Anda. Apapun yang Anda pilih, merawat sofa secara tepat menurut jenis bahannya menjadi sangat penting agar tetap awet. Jika masih bingung dan khawatir sofa malah rusak karena salah cara mencucui, Anda bisa memakai jasa cuci sofa.

0 comments:

Post a Comment