Sunday, February 23, 2020

5 Manfaat Melakukan Fisioterapi Cidera Olahraga Bagi Para Atlet


Olahraga memang dikenal sebagai salah satu kegiatan baik yang menyehatkan tubuh, karena dengan banyak melakukan aktivitas fisik ini bisa membuat Anda menjadi lebih bugar dan membakar lebih banyak kalori. Namun kenyataannya hal tersebut juga tidak bisa terlepas dari beragam resiko, salah satu diantaranya adalah resiko untuk terkena cidera, apalagi pada beberapa jenis olahraga yang berat, mulai diantaranya adalah terkilir, sampai dengan patah tulang bisa saja terjadi akibat olahraga yang salah. Untuk itu harus dilakukan pengobatan dan juga dilakukan fisioterapi cidera olahraga ini.

Kegiatan tersebut bertujuan tentunya untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala, sehingga tidak terjadi cacat ataupun rasa sakit pada bagian yang bermasalah tersebut. Pada dasarnya tingkat resiko yang dialami oleh para atlet dalam berolahraga juga berbeda-beda, mulai diantaranya yang ringan sampai kondisi yang cukup parah, sehingga membutuhkan penanganan atau perawatan yang ekstra. Tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus dengan bantuan tenaga medis yang memang ahli atau sudah berpengalaman. Untuk melakukan fisioterapi tersebut tidak hanya dilakukan di rumah sakit saja namun bisa juga di rumah yang dilakukan oleh dokter yang bisa datang ke rumah.

Hanya saja untuk beberapa jenis cidera ringan sebenarnya fisioterapi ini dapat dilakukan sendiri dengan bantuan teman atau keluarga Anda untuk mengatasi kondisinya. Lalu apa sajakah sebenarnya manfaat yang diberikan dengan fisioterapi cidera olahraga ini? berikut ini diantaranya yang haru Anda ketahui, yaitu:

  1. Dapat mengurangi resiko cidera terulang di masa depan, dengan kondisi tubuh yang sudah cidera dan tidak segera diatasi, maka sangat mungkin jika seandainya di masa depan maka cidera yang lebih parah bisa dialami oleh atlet tersebut. Namun tidak jika seandainya kondisi cidera tersebut sudah diatasi terlebih dahulu, tentunya dapat mencegah hal yang sama terulang di masa depan.
  2. Bisa membantu untuk meningkatkan batasan mobilitas, khususnya adalah dengan melakukan latihan pribadi, atlet yang sudah cidera pada salah satu bagian tubuh mereka, maka kemampuan bagian tersebut atau mobilitasnya juga akan terganggu. Namun dengan tindakan fisioterapi ini sebenarnya sangat membantu dalam meningkatkan batasan mobilitas yang sudah turun tersebut menjadi lebih baik.
  3. Bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan otot dan juga ligamen, adanya fisioterapi ii juga sangat berguna bagi otot-otot maupun ligamen tubuh, bagian yang paling rentan untuk mengalami cidera. Jika seandainya bagian-bagian tersebut langsung mendapatkan fisioterapi dengan tepat, maka membantu untuk tingkatkan kesehatannya, baik itu otot maupun ligamennya.
  4. Membantu kinerja atlet tersebut, sehingga nantinya tetap berada di puncak kemampuannya. Atlet yang sudah mengalami cidera apalagi yang kondisinya cukup fatal. Biasanya akan kesulitan untuk mencapai puncak kejayaan yang sama, apalagi jika seandainya kondisi cidera juga cukup parah, namun dengan fisioterapi yang dilakukan secara terus menerus atau berkala, maka mampu untuk tetap menjaga kinerjanya.
  5. Mencegah terjadinya cacat. Beberapa kondisi cidera yang sudah cukup parah sangat mungkin untuk menyebabkan atlet tersebut cacat atau mengalami kelainan pada bagian tubuh yang bermasalah tersebut, apalagi tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat seperti dengan fisioterapi. Untuk itulah maka kemudian dilakukan tindakan fisioterapi ini.

Banyak sekali bukan manfaatnya, memang langkah fisioterapi cidera olahraga ini dianjurkan untuk dilakukan pada mereka para atlet yang mengalami masalah kesehatan ini sesegera mungkin, sehingga nantinya tidak akan bertambah parah atau meningkatkan resikonya. Bisa dilakukan sendiri ataupun juga dengan bantuan seorang fisioterapis di rumah sakit yang berkualitas.

0 comments:

Post a Comment