Saturday, January 11, 2020

Yuk, Ketahui Penyebab Umum Kelahiran Prematur Dari Sekarang!


Sumber: Klikdokter.com

Semua orang tua terutama ibu pasti ingin melahirkan dengan normal dan bayinya sehat. Namun, ada kalanya harapan tidak berjalan dengan sempurna. Ada beberapa kasus yang harus mengalami kelahiran prematur lantara beberapa penyebab dan faktor. Sebelum membahas mengenai penyebab umum kelahiran prematur, ada baiknya untuk mengenal secara singkat mengenai kelahiran prematur.

Menurut halaman klikdokter, kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum memasuki usia kehamilan 37 minggu atau tiga minggu sebelumnya. Salah satu penyebab umum kelahiran prematur adalah mengalami pecah ketuban sejak dini. Ketika ketuban sudah pecah, ada baiknya untuk langsung dibawa ke dokter agar nanti bayi tidak mati karena keracunan air ketuban.

Selain itu, masih ada lagi penyebab umum kelahiran prematur lainnya yang dilansir dari halaman hellosehat. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Usia

Usia yang dimaksud di sini bukanlah usia pada seorang ibu melainkan usia saat sedang hamil. Menurut penelitian, seorang wanita yang hamil di bawah usia 16 tahun dan hamil di atas usia 35 tahun, memiliki risiko lebih tinggi sekitar 4% untuk melahirkan dini dibandingkan dengan seorang wanita yang hamil saat usia 20-30 tahun. Akibatnya terjadilah kelahiran prematur. Untuk itu, usahakan hamil dalam usia yang kondusif. 

2. Kondisi Medis Ibu

Penyebab lainnya yang mengakibatkan kelahiran prematur terletak pada kondisi kesehatan sang ibu, seperti adanya komplikasi saat kehamilan. Contohnya, gangguan plasenta, diabetes, ukuran leher rahim terlalu pendek, dan lainnya. Selain itu jika Anda memiliki kondisi medis, seperti asma, anemia, lupus, penyakit ginjal, gangguan tiroid maka Anda harus siap jika mengalami kelahiran prematur. Nah, bagi Anda yang mungkin memiliki masalah yang sama di atas, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Adanya Infeksi

Adanya infeksi saat sedang hamil mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur. Ada beberapa infeksi yang bisa memicu hal tersebut, antara lain infeksi cairan ketuban, gonore, klamidia trachomatis, dan lainnya. Adanya infeksi yang terjadi pada bagian tubuh lain juga bisa menjadi pemicu terjadinya kelahiran prematur, seperti infeksi saluran kemih, radang usus buntu, infeksi ginjal, dan pneumonia.

Selain penyebab, ada juga faktor risiko yang menyebabkan kelahiran prematur. Berikut ulasannya!

  1. Adanya cedera atau trauma fisik saat hamil
  2. Mengalami gizi buruk saat hamil
  3. Mengalami stres yang berkepanjangan
  4. Berat badan saat sedang hamil tidak ideal
  5. Jarak antara kehamilan antara bayi satu dengan bayi lainnya berdekatan
  6. Merokok, mengonsumsi alkohol, dan adanya penggunaan obat yang terlarang
  7. Cairan pada ketuban terlalu banyak
  8. Pernah melahirkan secara prematur 
  9. Hamil kembar atau lebih
  10. Mengalami keguguran
Pada umumnya, bayi prematur bisa dibawa pulang jika kondisinya antara lain:

  1. Tidak mengalami demam
  2. Berat badan terus bertambah
  3. Sudah bisa menyusui ASI
  4. Suhu tubuh dalam keadaan stabil
  5. Pernapasannya teratur dan mampu bernapas tanpa bantuan selang oksigen
Untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Pemberian aspirin dengan dosis yang rendah
  2. Memberikan suplemen kalsium pada bayi
  3. Pemberian hormon progesterone
  4. Meningkatkan leher rahim
Selain itu, Anda juga bisa menghindari segala jenis bahan kimia yang terdapat dalam makanan dan bisa melukai bayi. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga agar bayi tetap sehat dalam kandungan.

Itulah penjelasan mengenai penyebab umum kelahiran prematur. Apakah Anda salah satunya? 

0 comments:

Post a Comment