Wednesday, December 4, 2019

Sebelum Datang Berkunjung, Ketahui Beberapa Negara Rawan Bencana Alam


Dalam memutuskan untuk mengunjungi sebuah Negara, tentu kita harus mengetahui beberapa informasi tentang negara itu terlebih dahulu. Mulai dari gaya hidup, hingga keamanan sebuah Negara. 

Dalam hal keamanan, bencana alam adalah yang paling menakutkan karena dapat terjadi tanpa ada peringatan sebelumnya. Untuk itu simak beberapa negara rawan bencana alam seperti dikutip dari portal berita Harapan Rakyat.

Negara Yang Sering Terjadi Bencana 

1. Myanmar

Salah satu negara yang sering dilanda bencana adalah myanmar, salah satu negara di Asia Tenggara ini pun banyak terjadi peristwa alam. Negara Myanma banyak mengalami kasus bencana alam, yang merenggut sejumlah korban jiwa. Tidak hanya memakan korban jiwa, bencana alam yang terjadi pada negara Myanmar cukup ekstreme hingga menelan kerugian besar untuk masyarakatnya. 

Kerugian tersebut, akibat dari bangunan yang hancur atau mengalami kerusakan parah. Apalagi bencana alam yang terjadi pada Negara Myanmar umumnya menjadi satu rangkaian, yaitu sekumpulan bancana alam yang terjadi secara beriringan. Tentunya peristiwa alam yang terjadi secara berurutan ini, cukup menakutkan. 

Bencana alam yang sering terjadi di Negara ini berupa tanah longsor, hingga banjir. Seluruh bencana tersebut umumnya menjadi satu kesatuan, dimana pada awalnya dimulai dengan hujan lebat dan diikuti dengan badai. Selanjutnya dengan hujan badai yang kencang, dapat menimbulkan tanah longsor hingga banjir pada beberapa wilayah. 

2. Filipina

Negara selanjutnya adalah Filipina, yang juga masuk dalam kategori negara rawan bencana alam. Dari banyaknya bencana alam yang menyerang Filipina, Taifun Mangkhut dan Taifun Haiyan  adalah bencana yang paling terkenal. Bahkan dilansir dari harapanrakyat.com, kedua angin topan ini memporak porandakan beberapa daerah di Filipina pada tahun 2018. 

Bencana alam tersebut menimbulkan kerusakan yang cukup banyak, bahkan kerugian yang diakibatkan tidak bisa dihitung lagi. Tidak hanya kerusakan pada sebagian wilayah, nyatanya kedua topan ini pun memakan korban jiwa yang cukup banyak. Apabila anda ingin mengunjungi Filipina, mungkin bisa memperhatikan cuaca dan musimnya. 

Perlu anda ketahui, kedua jenis topan ini adalah sebuah topan yang termasuk dalam  siklon tropis terkuat. Menjadi topan terkuat yang pernah ada, tentunya dampak yang dihasilkan pun cukup merugikan dan memakan nyawa masyarakat Filipina kala itu. Bahkan topan ini pun menjebak warga sekitar, karena bandara penerbangan pun tidak dapat beroperasi. 

3. Jepang

Jika berbicara tentang negara rawan bencana alam, mungkin beberapa dari kita akan langsung tertuju pada Jepang. Negara Matahari Terbit ini memang terkenal dengan bencana alam yaitu gempa, yang selalu melanda hampir setiap tahunnya. Bahkan pada negara ini memiliki kuantitas 1.500 hingga 3000 gempa yang terjadi, dengan kekuatan yang berbeda.

Meskipun sering menjadi destinasi wisatawan, namun lokasi wilayah Negara ini membuatnya sering dilanda gempa. Jepang berada di wilayah cincin api, dimana pada lokasi tersebut juga bertepatan dengan lempengan pasifik yang masih aktif bergeser. Pergeseran lempengan inilah, yang membuat Jepang selalu langganan gempa bumi. 

Meskipun menjadi Negara yang cantik dan rapi, namun Jepang pun mejadi Negara yang cukup mengerikan. Hal ini karena gempa bumi yang terjadi, seringkali disusul dengan gelombang tsunami. Hal ini karena letak daratan Jepang memang dikeliling oleh lautan luas, sehingga setiap ada pergeseran lempeng pasifik sehingga dapat mempengaruhi air laut sekitar. 

4. Indonesia

Ya, Negara rawan bencana alam yang terakhir adalah Tanah Air tercinta Indonesia. Tidak hanya Jepang, Indonesia pun sering  dilanda gempa bumi. Hal ini karena Indonesia juga berada di wilayah cincin api pasifik, sama halnya dengan Negara Jepang. Potensi gempa bumi semakin meningkat, dengan banyaknya jalur gunung berapi aktif di sekeliling Indonesia. 

Mungkin kita bisa mengingat kembali, bencana alam yang meninggalkan luka pada tahun 2004 di Aceh. Gempa bumi yang berkekuatan hingga 9,3 SR itu mungkin akan sulit untuk dilupakan, apalagi bukti peninggalan gempa yang disusul tsunami itupun masih bisa kita lihat hingga saat ini. Gelombang tsunami setinggi 30 meter tersebut, tentu tidak ingin dialami kembali oleh masyarakat Indonesia. 

Bencana alam memang tidak akan pernah dapat kita prediksi terlebih dahulu, bencana alam pun terkadang datang dengan hujan yang pelan namun kekuatanya meningkat dari menit ke menit. Bencana alam memang tidak bisa kita hindari, namun kita dapat meminimalisir kerusakan dengan menjaga lingkungan sekitar. Contohnya saja pada banjir, tentu jika kita selalu menjaga kebersihan sungai atau aliran air dapat mengurangi potensi banjir. 

0 comments:

Post a Comment