Thursday, December 19, 2019

Ingin Tahu Cara Memasang Solar Panel? Ini dia Tipsnya


Jika Anda ingin Pasang Solar Panel pastikan Anda memasangnya dengan cara yang benar, atau Anda bisa juga menggunakan jasa untuk instalasinya ke jasa yang sudah terpercaya. Seperti yang kita ketahui bahwa panel surya atau dinamakan dengan fotovoltaik ini merupakan alat yang bisa membuat energi dari cahaya menjadi energi listrik.

Dalam hal ini penting untuk Anda ketahui, kalau panel surya tersebut menghasilkan listrik bukan dari panas matahari, akan tetapi dari cahaya. Bahkan, panel surya ini dapat beroperasi lebih optimal di suhu yang lebih rendah. Nah, maka dari itu belum tentu panel surya yang dipasang di kota yang panas lebih baik dibandingkan dipasang di kota yang dingin. Maka dari itu Anda tidak perlu ragu untuk Pasang Solar Panel di tempat Anda. 

Tips memasang Solar Panel

Kini untuk Anda yang ingin memasangnya, yuk coba lihat disini mengenai caranya? Siapa tahu bisa membantu Anda dalam memasangnya di rumah. 

1. Lakukan Pemasangan instalasi sesuai desain dan rencana

Pada pemasangan ini biasanya susunan panel surya tersebut akan dipasang dengan menggunakan cara seri dan paralel. Hal tersebut digunakan untuk mendapatkan spesifikasi daya keluaran yang sesuai dengan standar pemakaian inverter. Pada saat itu Anda perlu untuk memastikan mengenai proteksinya, hal tersebut berguna untuk mencegah short circuit, overcharge, kerusakan akibat petir dsb.

2. Memperhatikan dari sisi keamanan dan dapatkan sertifikat operasi

Jika Anda sudah yakin dengan system panel surya yang sudah Anda pasang tadi, maka Anda bisa menghubungkan instalasi tersebut dengan memakai instalasi rumah tangga dan PLN. Sebaiknya Anda jangan ragu untuk menghubungi tenaga ahli yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu seperti sewatama. Karena jika terjadi kelalaian akan sangat berbahaya, bisa menyebabkan kecelakaan dan kematian.

3. Persiapan komponen produk

Dalam melakukan pemasangan tersebut Anda juga harus mempunyai semua komponen yang dibutuhkan. Diantaranya yaitu seperti panel surya, Inverter, penyangga panel dsb.

Nah itulah tips untuk memasangnya, jika Anda kurang yakin dengan kemampuan Anda dalam memasang panel tersebut, maka bisa menggunakan jasa sewatama untuk memasangnya.

0 comments:

Post a Comment