Saturday, December 14, 2019

Berikut Ini Zat Gizi Wajib Bagi Ibu Menyusui


Banyak para ibu yang cenderung merencanakan diet pasca melahirkan untuk mendapatkan bentuk tubuhnya kembali ideal. Padahal, sebenarnya setelah melahirkan, kebutuhan nutrisi ibu menyusui masih tinggi karena sang ibu harus memberikan ASI kepada bayinya. Artinya, asupan makanan yang ibu konsumsi masih bisa mempengaruhi bayinya. Maka dari itu, perlu bagi ibu untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu menyusui. Lalu apa saja gizi tersebut? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang zat gizi wajib bagi ibu menyusui sebagai berikut ini :

1. Protein

Pada saat menyusui, ibu masih membutuhkan tambahan asupan protein. Karena protein ini merupakan zat gizi penting yang sangat diperlukan dalam membangun serta memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Selain itu, protein juga sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi di awal-awal masa kehidupannya. Bagi ibu sendiri, protein juga banyak dibutuhkan guna membantu pemulihan setelah kehamilan dan persalinan. Untuk mendapatkan kandungan protein ini, ibu bisa mendapatkan dari makanan seperti daging, ayam, susu, keju, telur, yoghurt, ikan dan seafood, serta sumber protein lainnya. 

Kebutuhan (AKG 2013) : 76-77 gram per hari

2. Lemak

Zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah lemak. Lemak ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi, tubuh ibu juga sangat membutuhkan lemak ini. Akan tetapi, perlu ibu ingat bahwa sebaiknya mengonsumsi lemak dalam bentuk lemak tidak jenuh tunggal atau tidak jenuh ganda, dan batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Adapun sumber lemak tidak jenuh ini diantaranya adalah alpukat, ikan berlemak (ikan salmon), biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kanola. Sedangkan lemak jahat yang harus ibu hindari bersumber dari makanan daging berlemak dan makanan yang digoreng. Bukan hanya itu, lemak yang ada pada ikan berlemak juga mengandung turunan lemak, yakni asam lemak omega-3. Dimana, asam lemak omega-3 ini sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak bayi. Ibu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 ini pada makanan seperti ikan tuna, ikan herring, ikan salmon, ikan sarden, dan kacang-kacangan (seperti kacang kanola, kenari, dan flaxseed). 

Kebutuhan (AKG 2013) :
6 bulan pertama menyusui : 71-86 gram per hari (kebutuhannya menurun sesuai usia ibu)
6 bulan kedua menyusui : 73-88 gram per hari (kebutuhannya menurun sesuai usia ibu)

3. Zat Besi

Perlu diketahui bahwa kebutuhan akan zat besi sangat tinggi pada ibu menyusui.Dimana, zat besi ini dibutuhan untuk mencegah anemia setelah melahirkan. Jika ibu tidak anemia setelah melahirkan dan menyusui secara eksklusif, biasanya ibu tidak membutuhkan suplemen zat besi. Hal ini terjadi karena biasanya ibu tidak mengalami periode menstruasi selama 4-6 bulan pertama setelah melahirkan. Sehingga tidak ada zat besi yang hilang melalui darah menstruasi. Sedangkan bagi ibu yang mengalami anemia pasca melahirkan biasanya membutuhkan supleman zat besi. Untuk bisa mencukupi kebutuhan zat besi ini, ibu bisa menemukannya di makanan seperti daging, ayam, ikan dan seafood, kuning telur, dan sayuran hijau (seperti brokoli dan bayam).

Kebutuhan (AKG 2013) :
6 bulan pertama menyusui : 32 mg per hari
6 bulan kedua menyusui : 34 mg per hari

Selain zat gizi di atas, ada beberapa zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui seperti kalsium, vitamin C, vitamin E, kalium, dan kolin. 

0 comments:

Post a Comment