Tuesday, November 26, 2019

Cara alami mengatasi pilek pada anak


Sebagai orang tua, Anda tentu akan merasa khawatir jika anak Anda menderita suatu penyakit. Karena, anak-anak akan menjadi rewel dan pengobatan perlu dilakukan secara hati-hati mengingat kondisi tubuhnya yang belum sesempurna orang dewasa. Tak terkecuali saat anak pilek, dimana hal tersebut seringkali terjadi oleh anak-anak.

Saat anak pilek, biasanya hidungnya akan tersumbat dan membuat ia sulit bernapas. Hal tersebut biasanya akan diikuti juga oleh rewelnya sang anak hingga membuat orang tua merasa putus asa. Meskipun sudah ada obat semprot hidung untuk mengatasinya, banyak orang tua yang memilih cara alami saat sang anak mengalami pilek. Untuk itu, beberapa cara alami berikut bisa dipilih apabila anak Anda menderita pilek.

Perbanyak istirahat dan tidur

Anak-anak yang mengalami pilek biasanya akan cenderung lebih rewel dan sensitive. Karena rewel, tak jarang mereka menolak apa yang ditawarkan hingga akhirnya membuat sang orang tua kewalahan. Beberapa anak juga kesulitan untuk tidur meski sebetulnya tidur punya manfaat yang baik untuk mengatasi pilek pada anak.

Beristirahat merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi pilek yang bisa diterapkan kepada anak-anak. Dengan beristirahat, sitem imun tubuh akan bekerja dan membantu mengatasi pilek yang diderita oleh sang anak. Cara inilah yang berusaha dibuat oleh beberapa obat yang memberikan efek samping berupa rasa kantuk. Untuk itu, ajak sang anak untuk beristirahat apabila ia tengah mengalami pilek.

Konsumsi cairan lebih banyak

Pilek yang menyerang anak-anak seringkali akan membuatnya rewel. Hal ini disebabkan karena rongga hidung yang tersumbat oleh lendir hingga membuatnya kesulitan bernafas. Untuk mengatasi hidung tersumbat, salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan cairan lebih banyak untuk sang anak.

Cairan yang lebih banyak dapat membantu mengencerkan ingus yang ada di dalam rongga hidung sang anak. Cara ini merupakan cara alami yang paling efektif agar pilek tidak membuat hidung tersumbat. Sehingga, pilek bisa membantu menghindari bakteri jahat agar tidak masuk ke dalam hidung dan memberikan keleluasaan agar udara tetap bisa masuk dan bernapas secara normal.

Pengobatan alami dengan melakukan dua hal diatas dapat mengatasi flu secara efektif. Tapi, disamping melakukan dua hal diatas, persiapkan juga obat vometa tablet untuk perut kembung apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment