Friday, October 4, 2019

Mengapa Harus Mengurus Balik Nama Motor?


Proses balik nama biasanya perlu dilakukan ketika seseorang baru saja membeli kendaraan, baik itu bekas maupun baru, yang pada awalnya pernah dimiliki oleh orang lain. Dikarenakan kendaraan tersebut pernah dimiliki oleh orang lain, maka berkas-berkas nya pun seperti STNK dan BPKB masih atas nama orang lain, yang tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri apa bila tidak segera anda urus. 
Nah, proses balik nama motor tentu saja tidak gratis, sehingga diperlukannya persiapan anggaran yang tepat. Maka dari itu, sebelum anda datang ke kantor polisi terdekat, pastikan dulu bahwa anda sudah mengetahui biaya balik nama motor yang harus dikeluarkan sehingga anda pun juga memiliki persiapan. 
Bagi yang baru saja membeli motor dan merasa belum terlalu penting untuk mengurus balik nama motor, lebih baik ketahui dulu mengapa mengurus balik nama motor itu penting untuk dilakukannya? 

Keuntungan Mengurus Balik Nama Motor



1. Menghindari Biaya Tambahan Kepengurusan Pajak

Ketika memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi, satu hal yang paling tidak bisa anda hindari ialah membayar pajak. Ketika anda membeli motor bekas, tentunya anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen pendukung untuk mengurus pembayaran pajak. Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat istilah ‘progresif’ atau penambahan biaya pajak sekian persen bagi kendaraan motor yang belum balik nama. 
Maka dari itu, guna menghindari biaya tambahan tersebut, alangkah baiknya untuk segera mempersiapkan biaya balik nama motor, bukan? 

2. Meminimalisir Kerepotan Bayar Pajak

Meskipun pembayaran pajak masih dapat dilakukan walaupun kendaraan bukan atas nama sendiri melainkan atas nama pemilik sebelumnya, tetapi anda akan dihadapkan oleh kerepotan atau permasalahan lainnya, yaitu harus menyerahkan foto copy KTP atau Kartu Identitas lain yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya. 
Masih baik apa bila pemilik sebelumnya berdomisili di kota yang sama dengan anda. Kalau misalkan berdomisili di lintas provinsi, pastinya akan sangat merepotkan. 

3. Jaminan untuk Pinjaman ke Bank

Ketika anda membeli motor bekas dengan atas nama pemilik sebelumnya, maka kendaraan tersebut hanya bisa digunakan untuk bepergian semata. Padahal, kendaraan bermotor bisa dijadikan sebagai jaminan apa bila suatu saat anda mengalami kesulitan finansial dan butuh meminjam dana ke bank. Jika anda segera mengurus balik nama motor, maka kendaraan bermotor yang anda miliki bisa dijadikan sebagai jaminan untuk meminjam uang dalam jumlah tertentu ketika dilanda masalah keuangan. 

4. Rasa Nyaman dan Aman

Memiliki kendaraan bermotor akan selalu ditemani oleh berbagai risiko tak terduga yang tidak menutup kemungkinan untuk terjadi. Sebut saja seperti mengalami kecelakaan atau kehilangan. Ketika anda telah mengurus balik nama motor, maka secara otomatis anda akan merasa lebih nyaman dan aman. 
Sebagai contoh, ketika kendaraan anda hilang, maka anda akan lebih mudah untuk mengurusnya ke kantor polisi. Selain itu, anda pun juga bisa mengajukan kartu kredit dengan jaminan. 
Pada intinya, biaya balik nama motor tidaklah mahal apabila anda melihat dari keuntungan-keuntungan yang akan anda dapatkan pada nantinya. Maka dari itu, dari pada anda mengalami berbagai masalah dan kerepotan karena belum mengurus balik nama motor, lebih baik langsung saja meluangkan waktu untuk mengurusnya. 
Prosedurnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung dan biaya balik nama motor yang dibutuhkan. Ingin tahu berapa simulai biaya balik nama motor yang anda butuhkan? Baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/berapa-sih-biaya-balik-nama-motor/

0 comments:

Post a Comment