Sunday, October 6, 2019

Cara Mengatasi Ketiak Hitam yang Praktis dan Efektif


Berbagai faktor seringkali menyebabkan persoalan kulit. Salah satunya adalah flek hitam di ketiak. Hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri dan timbul ketidaknyamanan. Meski demikian, janganlah cemas karena terdapat cara mengatasi ketiak hitam yang praktis dan ampuh berikut ini. Penanganan secara rutin dapat menghilangkan noda hitam di ketiak secara efektif.

1. Memakai Pelembab di Ketiak

Ketiak yang menghitam sebenarnya mempunyai banyak faktor penyebab, di antaranya pola perawatan yang kurang tepat serta kurang memperhatikan kesehatan kulit. Persoalan kesehatan seperti hiperpigmentasi kulit dan diabetes juga menjadi pemicunya.

Untuk mengatasi semua itu, Anda bisa menggunakan pelembab di ketiak. Pemakaian krim dan pelembab di ketiak mampu melembabkan kulit agar sel-sel kulit tetap sehat, sehingga tidak muncul noda hitam akibat penumpukan sel kulit mati. Pelembab juga mampu mengurangi iritasi akibat pemakaian pakaian yang berbahan kasar atau tindakan mencukur ataupun mencabut bulu ketiak.

2. Menggunakan Krim Sesuai Resep Dokter

Pemakaian krim sesuai resep dokter juga sangat direkomendasikan. Tindakan penanganan ketiak hitam secara medis ini sangat efektif menghilangkan noda hitam. Krim ini membantu mencerahkan warna kulit, di antaranya adalah calcipotriene, retinoid, dan hydroquinone, yang semuanya mengandung vitamin D untuk mengurangi pigmentasi kulit gelap.

3. Menggunakan Masker Ketiak dari Bahan Alami

Cara mengatasi ketiak hitam secara alami juga sangat ampuh merawat kesehatan kulit. Salah satu caranya adalah menggunakan masker ketiak dari bahan alami. Berbagai bahan alami tersebut adalah kunyit, lemon, mentimun, ekstrak teripang, madu, apel, dan susu. Kandungan zat dari berbagai bahan alami tersebut sangat direkomendasikan untuk mencerahkan kulit ketiak.

4. Menggunakan Scrub Alami

Pemakaian scrub dari bahan alami juga direkomendasikan untuk mengatasi noda hitam di ketiak. Dengan aplikasi scrub, sel kulit mati akan terkelupas dan sel kulit akan diregenerasi. Anda dapat menggunakan gula untuk scrub tersebut.

Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh gula dan sedikit minyak kelapa. Setelah itu, gosokkan campuran alami tersebut di bagian ketiak selama beberapa menit.

5. Menggunakan Lufah

Mengatasi noda hitam di ketiak memang tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus rutin melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Selain menggunakan bahan alami sebagai masker dan scrub, Anda bisa menggunakannya sebagai lufah.

Istilah lufah pasti masih asing di telinga Anda. lufah adalah sikat lembut yang berasal dari bahan alami. Bentuknya memang tidak seperti sikat, namun cara menggunakannya seperti menyikat. Anda bisa menggunakan buah oyong kering sebagai sikat alami yang dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati penyebab noda hitam di ketiak.

6. Melakukan Terapi Laser

Salah satu tindakan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketiak hitam selain pemberian krim adalah terapi laser. Terapi ini mampu mengurangi penebalan kulit ketiak yang terjadi seiring penggelapan warna kulit. Hasilnya, ketebalan kulit yang berkurang mampu mencerahkan warna kulit yang artinya noda hitam sudah dapat teratasi.

Meski demikian, di sisi lain terapi laser juga bisa mengurangi pertumbuhan bulu pada ketiak. Hal ini tentu saja menurunkan frekuensi untuk mencukur. Karena semakin jarang mencukur, semakin kecil pula peluang menggelapnya warna kulit.

Semua hal di atas sangat perlu diperhatikan sebagai bentuk mengatasi ketiak hitam secara efektif. Anda dapat menggunakan cara medis sambil menerapkan cara alami untuk menghilangkan noda hitam sekaligus menyehatkan kulit. Cara mengatasi ketiak hitam di atas sudah banyak dibuktikan.

0 comments:

Post a Comment