Friday, September 27, 2019

Sebelum Mengganti Velg Kendaraan Kesayanganmu, Perhatikan 6 Hal Penting Ini!

Sumber: pinterest.com
Bagi para pecinta modifikasi, mengganti velg pada kendaraan memang suatu hal utama yang harus dilakukan. Selain untuk menunjang penampilan, velg juga bisa menjadi ajang pembuktian untuk jati dirinya. Semakin terlihat menarik maka semakin banyak mata yang melirik. Seperti yang kalian ketahui, bahwa ban dan velg merupakan salah satu bagian terakhir dari proses distribusi tenaga yang berfungsi untuk menggerakkan mobil dan bagian yang berhadapan langsung dengan medan jalan.
Mengganti velg mobil maupun velg motor tentunya perlu mengeluarkan dana yang cukup fantastis, bukan? Asalkan ban kendaraan kalian tetap terlihat mulus dan keren. Dengan tampilan yang menarik tentunya menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk si pemilik mobil. Namun disisi lain mengganti velg mobil tidak boleh sembarangan, jika salah pilih ukuran bisa-bisa membuat si pengendara jadi tidak nyaman. Nah biar lebih jelasnya lagi, perhatikan beberapa hal penting dibawah ini sebelum mengganti velg untuk mobil kesayanganmu. 
1. Perhatikan  Desain atau Model Pada Velg 
Sumber: pinterest.com
Hal utama dalam memilih velg  adalah memastikan model dan gaya apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Tak bisa dipungkiri, bahwa desain pada velg memang bisa menunjang keanggunan dan  ketertarikkan pada mobil. Hal inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memodifikasi mobil nya agar tampak lebih keren dan beda dari yang lainnya. 
Velg memiliki banyak desain dan gaya yang bisa kamu pilih, untuk mendongkrak penampilan mobil kamu mulai dari aliran sporty, touring, off road, atau kemewahan. Nah, semuanya kembali lagi dengan kebutuhan serta selera masing-masing.
2. Pilih Bobot yang Sesuai Untuk Mobil
 
Sumber: pinterest.com
Selain menentukan desain dan model, bobot pada velg mobil juga harus kamu perhatikan. Hal sesederhana ini dapat berpengaruh pada efisiensi bahan bakar dan keselamatan si pengendara. Seperti yang kalian ketahui, bahwa di setiap pabrik velg ini tentunya selalu menghitung ukuran ban dan bobot serta velg yang pas dari segi teknis maupun ekonomis. 
Ban dan velg yang berat pastinya akan membuat bensin kita jadi lebih boros. Hal ini disebabkan karena mesin pada mobil yang bekerja sangat ekstra untuk menggerakkan roda. Maka dari itu, hal ini juga harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengganti velg dan ban. 
3. Perhatikan Material nya
Sumber: pinterest.com
Biasanya velg memiliki banyak material yang beraneka ragam. Pada umumnya velg dibuat dengan jenis logam ringan semacam forged alloy, magnesium ataupun billet steel. Dari berbagai bahan tersebut, kebanyakan jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan velg berbahan baja.

Dengan bobot velg yang lebih ringan, tentunya dapat mengurangi keseluruhan nilai bobot mobil tanpa menyingkirkan daya tahan velg tersebut. Hal ini pastinya membuat bobot mobil menjadi lebih berkurang. Tidak hanya itu, kinerja mesin nya pun tidak akan terlalu berat dalam memutar roda maupun sistem pengereman.

4. Kenali Kualitas nya
Sumber: pinterest.com
Velg yang tersedia di toko-toko khusus biasanya mempunyai banyak pilihan model velg mulai dari  one piece dan three pieces. Dari berbagai jenis velg tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. One piece memiliki keunggulan yang mampu tahan lama, dikarenakan jenis one piece ini dirancang khusus dengan bentuk kesatuan utuh. Namun biasanya model tersebut memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan model three piece.  
Sementara itu, three piece ini mempunyai keunggulan dalam hal komponen pengganti. Misalnya salah satu bagian pada velg rusak maka bagian tersebut dapat diganti dengan yang baru. Bobot yang dimiliki three piece ini cukup ringan, sehingga hal ini bisa mendukung kinerja pada mobil.  

5. Pilih Toko yang Sudah Terpercaya
Sumber: pinterest.com
Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah toko penyedia yang sudah terpercaya. Kenapa hal ini harus kamu perhatikan karena sekarang ini banyak toko-toko yang menjual barang replika, namun mereka menyebutnya dengan barang yang original. 
Bahkan ada yang lebih parah nya lagi bahwa terdapat banyak yang menjual produk rekondisi yang sudah disulap seperti baru. Biasanya velg rekondisi diambil dari velg bekas yang sudah retak, lalu di permak dengan cat. Hal ini pastinya sangat merugikan para konsumen. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan toko-toko yang akan kamu kunjungi untuk membeli velg.
6. Jangan Asal Ganti PCD Velg
Sumber: pinterest.com
PCD (Pitch Circle Diameter) merupakan diameter pola baut pada roda. Kenapa hal ini harus diperhatikan, karena idealnya diameter keseluruhan ban itu tidak boleh berubah walaupun ukuran velg yang ditingkatkan.  Ban dan velg adalah suatu kesatuan yang akan merasakan medan jalan saat terjadi benturan dari permukaan. 
Jika kamu mengubah PCD dan jumlah baut serta memodifikasi velg, maka ada berbagai resiko yang akan terjadi, dikarenakan merubah kekuatan dan geometri sistem penggerak. Tak hanya itu, velg dengan ukuran yang tidak seimbang juga akan membuat kaki si pengendara jadi gampang lelah dan roda menjadi cepat haus. 
Nah, itulah tadi beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum mengganti velg pada mobil kesayanganmu. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment