Friday, August 2, 2019

Mengenal 5 Jenis Lampu Belakang Mobil dan Fungsinya


Komponen lampu yang disertakan di dalam mobil umumnya terbagi atas lampu utama atau yang dikenal sebagai headlamp juga lampu belakang mobil. Lampu ini digunakan sebagai pencahayaan yang menjadi simbol-simbol di dalam berkendara, utamanya adalah di jalan raya yang cukup padat kendaraan. Bahkan bisa dikatakan juga sebenarnya lampu ini tergolong sebagai bagian pengaman saat berkendara juga. Untuk itu pastikan sebelum berkendara maka ada baiknya bagi Anda untuk memastikan apakah semua lampu tersebut dalam kondisi yang baik dan juga dapat berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

Jika seandainya ingin melakukan modifikasi sekalipun juga harus berhati-hati, karena belum tentu tindakan modifikasi yang dilakukan tersebut nantinya akan sesuai dengan aturan lalu lintas yang ada. jika tidak justru pemilik kendaraan bisa kena tilang oleh pihak yang berwajib. Mulai dari pemilihan warna, kemudian sorot atau kilaunya jangan sampai membahayakan pengguna jalan yang lainnya, penting juga sebenarnya bagi Anda yang baru saja belajar dalam mengemudi untuk mengetahui ragam jenis dari lampu kendaraan tersebut.

Selain untuk lampu bagian depan seperti diantaranya adalah low beam, kemudian juga high beam, fog lamp dan juga day time running light, maka hendaknya Anda juga harus mengetahui bagian lampu belakang yang ada pada mobil dan juga fungsi-fungsinya sehingga nanti tidak salah dalam mengoperasikan, diantaranya adalah:

1. Lampu sein, jenis lampu yang sudah pasti tidak begitu asing lagi bagi Anda, mengingat untuk ukuran kendaraan roda dua atau motor sekalipun juga nyatanya dilengkapi dengan jenis lampu yang satu ini. apa fungsinya, sudah pasti digunakan sebagai penanda untuk berbelok, yaitu pada bagian kanan atau kiri sesuai dengan yang dioperasikan oleh pengemudinya. Lampu ini memiliki warna merah yang umumnya disertai dengan flasher sehingga akan berkedip-kedip saat dinyalakan. Dioperasikan ketika pengemudi tersebut ingin berbelok.

2. Stop lamp, lampu yang digunakan sebagai penanda jika seandainya mobil dalam kondisi berhenti, jadi nantinya pengguna jalan yang ada di belakangnya juga bisa mencari alternatif jalan lain untuk melewati atau dapat menurunkan kecepatannya. Stop lamp ini memiliki warna merah terang.

3. Lampu rem, brake light ini digunakan untuk memberi tanda pada pengemudi yang ada di belakang sehingga nantinya dapat menurunkan kecepatan, mengingat mobil yang ada di belakangnya memang tengah menurunkan kecepatan, ia dibekali dengan warna merah terang, lebih terang dibandingkan dengan lampu tail. Bisa memakai jenis lampu biasa atau standard, namun belakangan ini nyatanya juga sudah banyak yang menggunakan jenis lampu LED pada bagian yang satu ini.

4. Lampu hazard, lampu ini memiliki warna kuning terang dan juga dapat berkedip-kedip, namun fungsinya sendiri adalah digunakan untuk memberikan sinyal bahwa kendaraan dalam kondisi darurat, Sehingga nantinya pengguna jalan lain juga dapat membantu pengemudinya.

5. Lampu mundur, lampu mundur dijadikan sebagai penanda bahwa mobil tersebut nantinya akan bergerak mundur. Berada di bagian belakang dan juga memiliki warna kuning keputihan. Ia akan bergerak secara otomatis ketika nantinya posisi ruas transmisi memang sedang berada di dalam posisi mundur.

Ternyata tak kalah banyak bukan lampu belakang mobil, sama halnya dengan headlamp kendaraan tersebut. Itulah mengapa harus mengenai masing-masing jenis dan juga fungsinya sehingga tidak sampai salah di dalam menggunakan. Jika ada salah satu komponen yang mengalami masalah hendaknya segera diganti dengan yang baru.

0 comments:

Post a Comment