Friday, July 19, 2019

Pastikan Kamu Mengetahui Tips Ini sebelum Membeli Ban Mobil

Sumber : kaskus.co.id


Walaupun lebaran sudah berlalu satu minggu lebih tetapi masih banyak para perantau yang memenuhi jalanan di berbagai daerah. Banyak dari mereka memilih menggunakan mobil daripada angkutan umum. Buat kamu yang ingin meninggalkan kampung halaman dan kembali bekerja di kota menggunakan mobil pribadi alangkah baiknya melakukan pengecekan pada kondisi kendaraan terutama bagian ban. Karena ban merupakan salah satu perangkat yang sangat berpengaruh dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara. 


Dalam memilih ban  juga tidak boleh asal-asalan memilihnya. Sebelum membelinya pastikan dulu kondisi ban tersebut berkualitas baik atau tidak. Masih bingung untuk memilih ban berkualitas? Pas banget nih, kali ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih ban yang berkualitas baik. Yuk, langsung saja simak tipsnya di sini!


Tanggal Produksi


Sumber : otozone.blogspot.com


Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ban adalah memperhatikan tanggal produksinya. Kamu bisa menemukan tanggal produksi di bagian luar ban yang berbentuk lingkaran oval. Dalam lingkaran oval tersebut selain terdapat tahun produksi juga ada sebuah kode bulannya. Sebagai contoh, jika pada ban tersebut terdapat kode 12116 maka angka 12 menandakan minggu produksinya. Sedangkan pada angka 16 sebagai tahun produksinya. 


Jadi pastikan ban mobil yang akan kamu beli jangan sampai lewat dari 1 tahun produksi yang tertera pada ban. Karena ban tersebut akan bertahan tidak lama dan mudah terkikis oleh aspal, tapi buat kamu jika sudah terlanjur membeli ban yang sudah lewat 1 minggu setelah masa produksi bisa mengajukan untuk meminta ganti. 


Profil ban


Sumber : sindopos


Memilih profil ban yang memiliki ketinggian minimal 65% sangat baik untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Untuk mengetahui profil ban tersebut kamu bisa menemukannya pada tulisan yang paling besar di bagian luar roda. Misalkan, jika pada roda tertulis kan kode 185 65 R15 itu berarti ban mobil tersebut memiliki spesifikasi lebar roda mencapai 185 milimeter dengan ketinggian 65% X 185 mm atau berkisar 120 mm.


Ketinggian pada ban mobil sama dengan ketebalan. Jadi, untuk ketebalan 120 mm ini sudah sangat baik dan dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai ketika melakukan perjalanan jauh kamu menggunakan ban mobil dengan ketebalan yang lebih rendah, misalnya 50%. Hal seperti ini akan sangat merugikanmu, sebab selain mengurangi kenyamanan berkendara juga akan merusak velg ketika melewati jalan yang rusak. 


Alur ban




Siapa sih yang nggak mau merasakan kenyamanan ketika bepergian jauh menggunakan mobil? Pasti dong semuanya mau! Jika kamu ingin merasakan hal tersebut jangan melewatkan untuk memilih alur ban ya. Pastikan kamu memilih alur ban yang berbentuk huruf "V".


Dengan menggunakan alur ban berbentuk huruf "V" ini kamu bisa melaju di segala kondisi jalanan baik itu kering maupun basah sekaligus. Selain itu kamu juga akan terhindar dari resiko ban selip ketika melewati jalanan dalam kondisi basah.


Dari 3 tips di atas kamu juga bisa mengaplikasikannya pada saat mendapatkan tawaran ban mobil dengan harga murah. Dengan begitu kamu juga akan mendapatkan sebuah ban mobil harga murah dan berkualitas lebih jadi lebih hemat deh. 


Nah, itulah beberapa tips membeli ban yang bisa kamu praktekan sendiri. Semoga tips ini bermanfaat, ya guys!

0 comments:

Post a Comment