Sunday, June 16, 2019

Tips Periksa dan Perbaiki Smartphone yang Tak Bisa Dicas


Di sebuah kondisi tertentu, terkadang smartphone kita tidak bisa diisi dayanya atau dicas. Hal ini biasanya bersumber dari rusaknya kabel charger atau kepala charger.

Meski demikian, belum tentu sumber masalah berasal dari charger. Ada beberapa hal yang seharusnya diperiksa terlebih dahulu sebelum menghakimi bahwa charger penyebabnya.

Beberapa langkah untuk memeriksa dan 'pertolongan pertama' ini mungkin bisa Anda coba sebelum mengeluarkan biaya buat service smartphone. Beikut ulasannya mengutip tekno Liputan6.com.
  1. Pastikan stop kontak dan port USB tempat Anda mengisi baterai berfungsi normal. Kadang, smartphone-mu tidak bisa di-charge karena memang dua hal itu sudah rusak dari awalnya.
  2. Cek adapter dan kabel charging. Kalau tidak berfungsi di smartphone-mu, pakai smartphone lain. Pastikan juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.
  3. Cek keaslian adapter dan kabel Anda. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone. Contohnya, kabel iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi, jadi kalau palsu atau tidak ada lisensi, bisa jadi itu yang menyebabkan smartphone tidak bisa dicas.
  4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi hati-hati, jangan sampe merusak port charging.
  5. Restart smartphone Anda
  6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan terupdate hingga ke versi terbaru. Tapi kalau updatenya malah bikin smartphone tidak bisa dicharge, hapus versi baru tersebut.
  7. Cek baterai. Kadang, baterai yang umurnya sudah tua punya daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya. Coba download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan bateraimu.
  8. Ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu pada smartphone sebelum tidak bisa dicas, misalnya terkena air atau jatuh? Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin di dalam.
Kalau cara-cara di atas belum berhasil, mau tidak mau Anda harus memperbaikinya ke reparasi sebelum kerusakannya makin merambat.

0 comments:

Post a Comment